MAKALAH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
TUGAS TERSTRUKTUR
|
DOSEN PENGAMPU
|
|
Perencanaan
Sistem Pembelajaran PAI
|
Drs. M. Ramli, M.Pd
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Oleh:
Diniatul Munawaroh [1501210258]
Rahmani
[1501210263]
Yusron Prayogi [1501211461]
Institut Agama Islam Negeri Antasari
Banjarmasin
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Pendidikan Agama Islam
Banjarmasin
2016
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Pendidikan Agama Islam
Banjarmasin
2016
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dunia pendidikan terus berkembang seiring dengan
perkembangan zaman, perkembangan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu
pendidikan khususnya di Indonesia. Perubahan penting yang telah terjadi
dalam dunia pendidikan di Indonesia salah satunya adalah perubahan kurikulum,
telah kita ketahuai bersama perubahan kurikulum juga diikuti perubahan
perangkat pembelajaran salah satunya RPP. Dalam rangka
mengimplementasikan pogram pembelajaran yang sudah dituangkan di dalam silabus,
guru harus menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP merupakan
pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium,
dan/atau lapangan untuk setiap Kompetensi dasar. Oleh karena itu, apa yang
tertuang di dalam RPP memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas
pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar.
Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan Standar Kompetensi yang
memayungi Kompetensi Dasar yang akan disusun dalam RPP-nya. Di dalam RPP secara
rinci harus dimuat Tujuan Pembelajaran,Materi Pembelajaran, Metode
Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran, Sumber Belajar, dan
Penilaian
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa
pengertian RPP dan tujuan RPP ?
2.
Apa
hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan RPP ?
3.
Apa
komponen dan langkah pembuatan RPP ?
4.
Bagaimana
format dan model RPP ?
C.
Tujuan
1. Mengetahui pengertian dan tujuan RPP.
2. Mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan RPP.
3. Mengetahui komponen-komponen dan langkah pembuatan RPP.
4. Mengetahui format dan model RPP.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian dan Tujuan RPP
Rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan
pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang
ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas
mencakup satu kompetensi dasar yang terdiri atas satu indicator atau beberapa
indicator untuk satu kali pertemuan atau lebih. RPP merupakan persiapan yang
harus dilakukan guru sebelum mengajar. Persiapan disini dapat diartikan
persiapan tertulis maupun persiapan mental, situasi emosional yang ingin
dibangun, lingkungan belajar yang produktif, termasuk meyakinkan pembelajar untuk
mau terlibat secara penuh.
Berdasarkan
Permendiknas No 41 tahun 2007 tertanggal 23 November tahun 2007 tentang standar
proses untuk satuan pendidikan dasar dan menengah, bahwa pengembangan RPP
dijabarkan dari Silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam
upaya mencapai Kopetensi Dasar (KD).
RPP disusun
untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
Guru merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan
penjadwalan pelajaran di satuan pendidikan.[1]
Tujuan rencana pelaksanaan pembelajaran adalah untuk:
1)
mempermudah,
memperlancar dan meningkatkan hasil proses belajar mengajar.
2)
Memberi
kesempatan bagi pendidik untuk merancang pembelajaran sesuai denga kebutuhan
peserta didik, kemampuan pendidik dan fasilitas yang dimiliki sekolah.
3)
dengan
menyusun rencana pembelajaran secara profesional, sistematis dan berdaya guna,
maka guru akan mampu melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi program
pembelajaran sebagai kerangka kerja yang logis dan terencana.[2]
B.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan RPP
Prinsip-prinsip
rencana pembelajaran menurut Permendinas no 41 tahun 2007 tentang standar
proses terdiri dari:
1)
Memperhatikan
perbedaan individu peserta didik.
2)
Bersifat
fleksibel
3)
Mendorong
partisipasi aktif peserta didik.
4)
Mengembangkan
budaya membaca dan menulis.
5)
Disusun
untuk setiap kompetensi dasar.
6)
Memberikan
umpan balik dan tindak lanjut RPP.
7)
Keterkaitan
dan keterpaduan.
8)
Menerapkan
teknologi informasi dan komunikasi.[3]
C.
Komponen-komponen dan
Langkah Pembuatan RPP
Langkah-langkah
minimal dari penyusunan RPP dimulai dari mencantumkan identitas RPP, tujuan pembelajaran,
materi pembelajaran, metode
pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan
penilaian. Setiap komponen mempunyai arah pengembangan masing-masing, namun
semuanya merupakan suatu kesatuan.
Komponen-komponen
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) menurut permendiknas Nomor 41 tahun 2007
tentang standar proses terdiri dari :
1)
Identitas
mata pelajaran. Meliputi : satuan pendidikan, kelas, semester, program/program
keahlian, mata pelajaran atau tema pelajaran, jumlah pertemuan
2)
Standar
kompetensi. Standar kompetensi merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta
didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang
diharapkan dicapai pada setiap kelas dan/ atau semester pada suatu mata
pelajaran
3)
Kompetensi
dasar. Kompetensi dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta
didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator
kompetensi dalam suatu pelajaran
4)
Indikator
pencapaian kompetensi. Indikator kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur
dan/ atau diobservasi untuk menunjukan ketercapaian kompetensi dasar tertentu
yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi
dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur,
yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan
5)
Tujuan
pembelajaran. Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang
diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
6)
Materi
ajar. Materi ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan
ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian
kompetensi
7)
Alokasi
waktu. Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan
beban belajar
8)
Metode
pembelajaran. Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana
belajar dan proses pembelajaran agar pembelajaran agar peserta didik mencapai
kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan. Pemilihan
metode pembelajaran disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik, serta
karakteristik dari setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada
setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran.
9)
Kegiatan
pembelajara.
a.
Pendahuluan
b.
Inti
c.
Penutup
10)
Penilaian
hasil belajar
11)
Sumber
belajar
D.
Format dan Model RPP Kurikulum 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : …………………………………
Kelas/Semester : …………………………………
Tema : …………………………………
Sub Tema : …………………………………
Waktu :………..x………..
menit x 6 hari
A.
Kompetensi
Inti
……………………………………………………………………………………………
B. Kompetensi Dasar
……………………………………………………………………………………………
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
……………………………………………………………………………………………
D.
Deskripsi
Materi Pembelajaran
……………………………………………………………………………………………
E.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
……………………………………………………………………………………………
Pertemuan 2
……………………………………………………………………………………………
Pertemuan 3
……………………………………………………………………………………………
Pertemuan 4
……………………………………………………………………………………………
Pertemuan 5
……………………………………………………………………………………………
Pertemuan 6
……………………………………………………………………………………………
F.
Penilaian
……………………………………………………………………………………………
G.
Media,
Alat, dan Sumber Belajar
……………………………………………………………………………………………
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Kelas
(……………………………..)
(……………………………..)
|
E.
Format dan model RPP ktsp
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
.....................................................................................
Satuan Pendidikan :
.....................................................................................
Kelas/Semester :
.....................................................................................
Pertemuan
Ke :
.....................................................................................
Alokasi
Waktu : ......................................................
Jam pembelajaran
Kompetensi dasar :
1.
..................................................................................................................
2.
..................................................................................................................
Indikator :
1.1................................................................................................................
1.2................................................................................................................
2.1................................................................................................................
2.2................................................................................................................
Tujuan Pembelajaran :
1. ..................................................................................................................
2. ..................................................................................................................
Materi standar :
1. ..................................................................................................................
2. ..................................................................................................................
Metode Pembelajaran :
1. ..................................................................................................................
2. ..................................................................................................................
Kegiatan Pembelajaran :
1. Kegiatan
awal (Pembukaan)
a. .................................................................................................................
b. ..................................................................................................................
2. Kegiatan
inti (Pembentukan Kompetensi)
a. .................................................................................................................
b. ..................................................................................................................
3. Kegiatan
akhir (Penutup)
a. ..................................................................................................................
b. ..................................................................................................................
Sumber
belajar :
1. .................................................................................................................
2. ..................................................................................................................
Penilaian
Tes tulis
:
........................................................................................................
a. Kinerja
(Performansi) : ...............................................................................
b. Produk :
......................................................................................................
c. Penugasan/Proyek
: ....................................................................................
d. Portopolio
: .................................................................................................
Mengetahui
Kepala sekolah Guru
(...............................) (...........................) |
BAB III
PENUTUP
A.
Simpulan
Rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan
pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang
ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas
mencakup satu kompetensi dasar yang terdiri atas satu indicator atau beberapa
indicator untuk satu kali pertemuan atau lebih. RPP merupakan persiapan yang
harus dilakukan guru sebelum mengajar. Persiapan disini dapat diartikan
persiapan tertulis maupun persiapan mental, situasi emosional yang ingin
dibangun, lingkungan belajar yang produktif, termasuk meyakinkan pembelajar
untuk mau terlibat secara penuh.
B.
Saran
Demikianlah tugas penyusunan makalah
ini kami persembahkan. Tulisan ini dibuat sebagai wadah untuk menambah wawasan
tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Tulisan ini diharapkan menjadi salah
satu yang dapat membantu untuk menanamkan pemahaman tentang Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran.
Kritik dan saran sangat kami
harapkan dari para pembaca, khususnya dari dosen mata kuliah yang telah
membimbing kami dan para mahasiswa demi kesempurnaan makalah ini. Apabila ada
kekurangan dalam penyusunan makalah ini, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.
DAFTAR
PUSTAKA
Muslich Masnur, 2007, Pembelajaran
Berbasis Kompetensi dan Kontekstual, cet 2, Jakarta : Bumi Aksara.
Hakim Lukmanul, 2009, Perencanaan
Pembelajaran, CV Wacana Prima, Bandung
Nurhayati Ai Sri, S, Si, 2012, Petunjuk Pelaksanaan Pembuatan
RPP Terintegrasi TIK. Jakarta: Pusat Tegnologi Informasi dan Komunikasi
Pendidikan(PUSTEKOM) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
[1] Masnur Muslich, Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan
Kontekstual, cet 2, (Jakarta : Bumi Aksara, 2007), hal. 53
[2] Lukmanul
Hakim, Perencanaan Pembelajaran, CV Wacana Prima, Bandung, 2009, hlm 184
[3] Ai Sri Nurhayati,
S, Si, Petunjuk Pelaksanaan Pembuatan RPP Terintegrasi TIK. Jakarta:
Pusat Tegnologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan(PUSTEKOM) Kementrian Pendidikan
dan Kebudayaan. 2012 Hlm 8
Maaf kak, izin ambil materi dari sini yah, terima kasih.
BalasHapuskak izin ambil materi ya
BalasHapusassalamualaikum kakak , izin ambil materinya ya kk
BalasHapusAssalamualaikum maaf ya ambil materi dari sini buat tugas makasih
BalasHapusassalamualaikum izin ambil materi buat tugas ya kak, terimakasih
BalasHapusAssalamualaikum, izin mengambil materi buat tugas, terima kasih kak
BalasHapusizin mengambil sebagian materi untuk tugas ya kak. terimakasih.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapuskak, izin mengambil materi yaah. terima kasih
BalasHapus